10 Tips Sukses IELTS Speaking Part 1

  • by

Ads

Selain bagian writing banyak orang yang sangat takut dengan bagian speaking. Ini dikarenakan kita sebagai orang Indonesia tidak terbiasa untuk berbicara Bahasa Inggris apalagi dengan native speaker. Selain itu, skill utama dalam ujian speaking yang diuji adalah bagamana kita bisa speaking dengan spontanitas. IELTS speaking akan berdurasi sekitar 10-15 menit tergantung alur dari percakapan kalian. Jadi kalian nanti akan berhadapan langsung dengan native speaker dan membicarakan berbagai macam topik. Dalam pelaksanaannya, IELTS speaking dibagi menjadi 3 bagian. Ayo kita bahasa perbedaan apa saja antara 3 bagian tersebut beserta tips dan strateginya.

Part 1

Untuk bagian ini, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan akan seputar kamu. Pertanyaan-pertanyaannya akan menanyakan hal-hal umum seputar kehidupan sehari-hari kamu. Pada saat say ujian, saya ditanyakan 3 topik yang berbeda yaitu tentang interaksi dengan tetangga, situasi ketika tersesat, dan olahraga apa yang paling saya sukai.

Topik untuk part 1 ini sangat amat banyak tapi kembali lagi, masih seputar kamu. Tidak ada pertanyaan yang terlalu teknis. Mari kita bahas tips dan strateginya.

  1. Untuk bagian speaking apapun jangan pernah mencoba untuk memberikan jawaban dari hafalan kalian, ini akan terlihat jelas oleh assessornya. Kalau kalian hafalan, kalian akan berbicara secara kaku dan tidak alami.
  2. Berbicaralah seakan kalian berbicara dengan teman. Buatlah mode percakapan kalian semi-formal. Ini akan memudahkan kalian untuk berpikir cepat.
  3. Jawaban yang kalian berikan jangan terlalu pendek namun juga jangan terlalu Panjang. Contoh: Jika kalian ditanyakan “What is your favourite season?” jangan hanya jawab “Winter”. Jika ada pertanyaan terbuka seperti itu, berikan jawaban kalian dan juga alasannya. Dan alasanya ini cukup 1-2 kalimat saja, semisal “My favourite season is winter because the weather is mostly cold and I can also enjoy my time doing winter sports which I really like”.

4. Ketika kalian memberikan jawaban pastikan gunakan bahasa tubuh yang sesuai, jangan dilebih-lebihkan karena ini akan menggangu focus kalian.


5. Pastikan pada saat anda menjawab pertanyaan, kalian memberikan jawabannya dengan intonasi yang natural layaknya kalian berbicara pada umumnya. Cenderung kebanyakan orang akan berbicara dengan nada yang datar sehingga terkesan menghafal atau gugup. Sering-seringlah latihan untuk memastikan kalian berbicara dengan intonasi yang natural.


6. Berikan jawaban yang sesuai dengan apa yang ditanyakan. Jangan sampai jawaban yang anda berikan tidak sesuai. Ini akan berakibat fatal jika anda melalukakan hal tersebut. Oleh karena itu, pastikan kalian menanyakan Kembali kepada assessor jika kalian kurang paham dengan pertanyaannya. Cara untuk melakukan ini cukup dengan bilang “Sorry, can you repeat that again please? Atau “A beg your pardon; would you mind repeating the question?”.


7. Selain dari situasi di nomor 6, tidak ada jawaban yang salah. Jadi jangan khawatir jika kemungkinan jawaban yang kalian berikan berbeda dengan khalayak umum.
8.Jika kalian diberhentikan ketika sedang berbicara, itu bukan berarti jawaban kalian salah tapi memang assessornya ini melanjutkan ke topik selanjutnya.


9. Berikan jawaban kalian dengan memvariasikan struktur kalimatnya. Jangan hanya menggunakan kalimat simple tapi juga gunakan kalimat kompleks.


10. Ada assessor yang ramah ada juga yang jutek dan ini harus kalian persiapkan dan jangan sampai mempengaruhi mental kalian.

Baik sekian Tips Sukses Speaking Part 1. Next kita akan bahas Tips sukses Speaking Part 2.

ABOUT US

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tim Tutor

Lorem ipsum dolor sit

Feature Heading

Lorem ipsum dolor sit