6 Tips menaklukkan IELTS Writing Task 2

  • by

Ads

Di task 2, kalian akan diberik waktu 40 menit untuk menulis minimal 250 kata. Secara general tulisan kalian itu berupa esai argumentative yang dimana kalian diminta untuk memberikan pendapat terkait suatu topik. Namun, dalam task 2 ini, ada beberapa tipe perintah yang perlu kalian pahami dan mereka memiliki perbedaan tertentu yang dimana mempengaruhi struktur essay kalian. Macam-macam perintah dalam task 2 sebagai berikut; agree or disagree, advantages and disadvantage, discuss both views, problem and solution, dan direct questions. Task 2 memiliki bobot 2/3 dari nilai writing, jadi pastikan kalian harus prioritaskan dalam pengerjaannya. Mari kita sekarang bahas tips dan strategi untuk writing task 2. 


1. Pahami dulu topik yang diberikan, serta lihat perintahnya.


2. Jangan langsung tulis. Brainstorming dulu dan tentukan apa saja yang akan tulis. Kalau kalian langsung menulis ada besar kemungkinan kalian akan bingung di saat kalian tulis. Matangkan dulu semua idenya di awal.

3. Kalian harus membuat 4 paragraf, sebenarnya boleh lebih tapi saya rasa 4 paragraf cukup. Dalam 4 paragraf ini terdiri dari paragraph introduction, dua body paragraph dan paragraph kesimpulan. Pastikan siapkan waktu untuk menulis kesimpulan karena itu merupakan sesuatu yang sangat penting yang akan mempengaturi penilaian.


4. Perhatikan organisasi dalam pembuatan setiap paragrafnya. Paragraf introduction terdiri dari 3 hal; kalimat netral yang menjelaskan topik, paraphrase dari topi yang diberikan dan jawaban sesuai dari perintah yang diberikan. Body paragraph terdiri dari 4 hal; topic sentence, alasan untuk mendukung penyataan kalian di topic sentence, contoh, dan terakhir pernyataan kembali argument kalian. Untuk paragraph kesimpulan terdiri dari pernyataan kembali ide-ide kalian di dua body paragraph dan terkadang diminta untuk menanmbahkan opini kalian juga (ini tidak selalu dan tergantung perintah yang kalian dapatkan).


5. Seperti task 1 pengunaan variasi struktur bahasa dan vocabulary sangatlah penting. Kedua hal ini menunjukkan kualitas tulisan kalian.


6. Jangan menggunakan contractions (singkatan) dalam penulisan kalian. Contoh; Daripada menulis “don’t” lebih baik menulis “do not”.

Demikan 6 Tips IELTS Writing Task 2. Selamat berlatih!

ABOUT US

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tim Tutor

Lorem ipsum dolor sit

Feature Heading

Lorem ipsum dolor sit