7 Tips menaklukkan IELTS Writing Task 1

  • by

Ads

Sekarang kita bahas bagian writing yang merupakan bagian yang paling menantang. Tapi jangan khawatir, disini saya akan meberitahu strategi dan tips penting dalam mengerjakan ujian tulis IELTS ini. Sebelum itu kita bahas sekilas struktur dari tes writing ini. Tes writing ini akan berdurasi 60 menit dan ada 2 soal (Task 1 dan Task 2). Kita akan bahasa kedua task tersebut dibawah ini beserta tips dan strateginya.

Task 1

Di task 1 ini, kalian akan diminta untuk menulis minimal 150 kata dalam waktu 20 menit. Tulisan yang diminta adalah semacam analytical writing yang dimana kalian akan menjelaskan terkait grafik, peta atau suatu proses. Dalam task 1 ada beberapa tipe grafik yang bisa anda dapatkan yaitu; line graph, bar graph, pie chart, tables, mixed chart, process, dan maps. Task m1 memiliki bobot 1/3 dari total nilai writing. Berikut tips dan strategi untuk melakuakn task 1;

  1. Hal pertama yang harus anda pahami adalah bagaimana kalian menjelaskan datanya. Pada intinya ada 2 pendekatan dalam task 1 tergantung dari soalnya. Jikad data yang diberikan hanya ada 1 tahun berarti kalian diminta untuk membandingkan mana yang lebih besar/kecil, lebih banyak/sedikit, lebih popular/tidak popular dan seterusnya. Oleh karena itu, focus bahasa yang kaliam gunakan adalah comparative adjectives. Namun, jika grafik ada lebih dari 2 tahun, makan kalian diminta untuk membadingkan tren nya (naik turunnya dari data tersebut). Jadi bahasa utama yang kalian gunakan adalah bahasa untuk menunjukkan perubahan seperti increase, rise, grow, decrease, fall, decline dan seterusnya.
  2. Untuk task 1, kalian hanya perlu untuk membuat minimal 2 paragraf. Kedua paragraph itu adalah paragraph introduction dan paragraph details. Paragraf introduction terdiri dari 2 komponen penting yaitu; (1) paraphrase dari soalnya dan (2) Overview, yaitu semacam gambaran besar dari grafik yang diberikan atau dengan kata lain kesimpulannya. Sedangkan untuk paragraph details ini kalian harus menjelaskan data data yang menurut kalian penting seperti perbandingan kenaikan atau penurunan, penjelasan terkait dengan perubahan angka yang terjadi dan seterusnya. Kalian tidak harus menjelaskan semua data yang ada, tugas kalian adalah untuk mencari data-data yang menurut kalian itu signifikan untuk dijelaskan atau di bandingkan.

3. Perhatikan tahun datanya, selain untuk menentukan poin 1 diatas. Tahun data berperan penting dalam menentukan tense yang digunakan. Banyak orang lalai dan menganggap semau task 1 menggunakan past tense sedangkan ada bebrapa task 1 yang menunjukka data proyeksi masa depan sehingga tense yang kalian gunakan seharusnya future tense.


4. Variasikan penggunaan kalimat kalian dengan menggunakan kalimat simple dan kompleks. Ini akan menunjukkan tingkat kemampuan kalian. Karena struktur yang kalian gunakan utu akan mencerminkan kemampuan tulis kalian.


5. Gunakan sinonim dalam penulisan kalian. Semisal banyak sekali kata untuk menyatakan kenaikan seperti increase, rise, grow dan lain lainya. Jangan hanya gunakan satu kata terus menerus dalam menjelaskna satu arti. Pelajari sinonim adalah salah satu kunsi dari kesuksesan writing kalian.

6. Ini sama halnya dalam menjelaskan tingkat kenaikan. Semisal ada 2 variabel di dalam data yang mengalami kenaikan dengan tingkat yang berbeda. Oleh karena itu, kita tidak mungkin akan menulis “A increased and B increased” itu terlalu dasar. Perbedaan tingkat kenaikan dan penurunan adalah kunci dari perbadingan dalam task 1 dan itu yang oerlu kita jelaskan secara detail. Jadi, gunakan adjectives atau adverbs dalam menjelaskannya. Contoh: A increased significantly while B rose slightly atau both A and B grew considerably atau A had a significant increase while B showed a slight increase. Itu adalah beberapa variasi dalam menjelaskan perbedaan atau persamaan dalam tingkat kenaikan atau penurunan data.


7. Pada Task 1 tidak perlu ada kesimpulan karena kesimpulan sudah diwakili oleh overview yang kalian tulis di paragraf 1.

Demikian 7 Tips IELTS Writing Task 1. Next artikel kita akan lanjutkan dengan Tips IELTS Writing Task 2!

ABOUT US

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tim Tutor

Lorem ipsum dolor sit

Feature Heading

Lorem ipsum dolor sit