7 Tips Pamungkas IELTS Speaking Part 3

  • by

Ads

Di part 3 ini, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan akan lebih menanyakan opini kalian atau membutuhkan kalian untuk memberikan jawaban yang panjang  sehingga kalian harus memberikan jawaban beserta alasannya. Salah satu tipe pertanyaan yang paling umum adalah menanyakan opinin dan ini bisa dikatakan seperti argumentative essay atau writing task 2 tapi dalam bentuk lisan. Topik dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan terkait dengan topik di part 2. Jadi, kalau di part 2 kalian ditanyakan tentang liburan, di part 3 pertanyaannya ya akan seputar itu juga. Mari kita bahas tips dan strateginya.

  1. Seperti bagian-bagian lainnya, jangan pernah memberikan jawaban yang anda hafalkan.
  2. Ingat, tidak ada jawaban salah atau benar dalam speaking, oleh karena itu, berikan opini kalian yang sesungguhnya. Karena dengan itu anda akan bisa berbicara dengan lancar. Perlu di ingat kalau bagian 3 akan selalu menanyakan opini kalian.
  3. Jawaban kalian harus lebih Panjang dari jawaban yang anda berikan di bagian 1. Jika jawaban anda dibagian 1 sepanjang 3-4 kalimat, berarti di part 3 harus dua kali lipatnya. Kenapa? Karena anda harus memberikan opini kalian dengan justifikasi, semisal contoh dan pengalaman.

4. Sama halnya dengan part 1, berikan jawaban yang sesuai dengan apa yang ditanyakan. Jangan sampai jawaban yang anda berikan tidak sesuai. Ini akan berakibat fatal jika anda melalukakan hal tersebut. Oleh karena itu, pastikan kalian menanyakan Kembali kepada assessor jika kalian kurang paham dengan pertanyaannya. Cara untuk melakukan ini cukup dengan bilang “Sorry, can you repeat that again please? Atau “A beg your pardon; would you mind repeating the question?”.


5. Ada 6 macam pertanyaan yang ditanyakan di bagian ini; opinion, hypothetical, compare and contrast, change, future, benefits. Pahami semua tipe pertanyaan ini dan cara untuk menjawabnya.


6. Gunkana kata-kata penghubung yang sesuai dalam memberikan jawaban kalian.


7. Variasi antara kalimat simple dan kompleks semakin penting disini karena jawabannya yang cenderung lebih Panjang dari part 1.


Nah, sudah selesai pembahasan kita terkait tips dan strategi dalam IELTS untuk mendapatkan nilai 6.5. Dengan menggunakan semua tips dan strategi tersebut saya yakin bahwa kalian akan bisa mendapatkan nilai 6.5. Selain dari tips dan strategi di atas, pastikan kalian untuk selalu lakukan latihan because “practice makes perfect”. Selain itu pastikan untuk jaga kondisi mental dan fisik pada saat ujian karena itu juga penting dalam suksesnya tes IELTS. Good luck for your IELTS test. BELIEVE IN YOURSELF.

ABOUT US

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tim Tutor

Lorem ipsum dolor sit

Feature Heading

Lorem ipsum dolor sit