7 Tips Sukses IELTS Speaking Part 2

  • by

Ads

Ini bagian yang dimana menjadikan IELTS speaking sangat menantang, dan banyak orang yang mengalamai kesulitan disini. Di part 2, kalian akan diberikan selembar kertas yang berisikan topik dan 4 pertanyaan terkait topik tersebit dan juga 1 lembar kosong yang bosa anda gunakan untuk mencatat. Kalian akan diberikan 1 menit untuk bersiap dan kemudian kalian harus berbicara selama 2 menit. Jadi disini kalian itu diminta untuk semacam bercerita tentang topik tersebut, oleh karena itu saya namakan practice ini dengan “short talk”. Mari kita bahas tips dan strateginya.

  1. Gunakan waktu persiapan kalian dengan semaksimal mungkin. Namun jangan tulis kalimat lengkap dalam catatan kalian melainkan hanya tulis kata kata kunci saja.
  2. Jangan pernah menghafalkan jawaban dari catatan kalian makanya hindari mencatat kalimat lengkap. Jika ada kalimat lengkap, kita akan cenderung untuk menghafalkannya.
  3. Gunakan 4 pertanyaan dalam topik tersebut untuk membantu kalian menorganisir short talk kalian. Pertanyaan-pertanyaannya pasti akan dimulai dari pertanyaan yang paling general ke paling specific.

4. Hal yang penting dalam bagian ini adalah kelancaran. Okeh karena itu, pastikan kalian mmberikan jawaban dengan lancar. Namun bukan berarti anda tidak boleh ada pause atau terbata-bata, pasue boleh karena itu adalah salah satu skill dalam speaking management. Namun batasi kegagapan kalian. Karena seberapa seringnya anda terbata bata akan menjadi salah satu penilaian.


5. Karena short talk ini berfokus kepada memberikan cerita, anda harus menggunakan kata-kata penghubung yang sangat sesuai untuk melancarkan peralihan ide kalian.


6. Jawaban kalian untuk bagian ini, paling baik berdasarkan pengalama kalian pribadi karena dengan ini kalian bisa lebih lancar dalam menyampaikan cerita kalian. Namun, kalian juga boleh untuk mengarang jawaba fiktif. Banyak orang menggunakan cara ini karena tidak punya pengalamaan terkait topik yang diberikan. Jangan khawatir jika anda mengarang karena assessor tidak akan pernah crosscheck hal ini nanti. Namun pasti aka nada pertanyaan lanjutan terkait dengan short talk kalian yang meraka tanyakan. Jadi siap-siaplah untuk itu.


7. Ada 4 pertanyaan yang ditanyakan terkait dengan topik tersebut. Tapi jangan hanya focus kepada 4 pertanyaan tersebut karena kalau kalian melakukan itu, kalian hanya bisa berbicara selama sekitar 30 detik. Oleh karena itu, berikan detail-detail yang terkait dengan topik atau pertanyaan yang diberikan. Jangan takut untuk menambahkan beberapa ide dalam short talk kalian. Malah dengan melakukan hal ini akan mempermudah kalian untuk berbicara selama 2 menit.

Baik sekian untuk Tips sukses IELTS Speaking Part 2. Selanjutnya kita akan bahas tips sukses IELTS Speaking Part 3.

ABOUT US

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tim Tutor

Lorem ipsum dolor sit

Feature Heading

Lorem ipsum dolor sit