9 Tips & Strategi menaklukkan IELTS Reading Test

  • by

Ads

Pada bagian reading kalian perlu benar 27 dari 40 soal untuk mendapatkan 6.5. Jumlah soal untuk reading sama dengan listening, yaitu 40 soal dan itu dibagi menjadi 3 bagian dengan 3 bacaan yang berbeda. Bacaan yang akan anda jumpai bersifat akademis dari berbagai macam bidang. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan reading adalah 60 menit. Berikut adalah beberap tips dari saya untuk membantu anda dalam bagian reading:

  1. Pahami setiap tipe soal karena semua memiliki strategi yang berbeda. Macam macam soal reading adalah sebagai berikut; sentence completion, summary, note, table, flow chart completion, short answer question, diagram label completion, multiple choice, matching information, matching headings, matching sentence endings, true/false/not given.
  2. Setiap macam, soal memiliki karakteristik tertentu. Ada tipe soal yang jawabannya akan ditemukan secara berurut di teks namuna da yang tidak. Informasi seperti ini akan membantu kalian untuk menghemat waktu.
  3. Gunakan skimming dan scanning dalam membaca teks. Reading dalam IELTS adalah targeted reading yang dimana kita memilik tujuan dalam membaca teks yaitu untuk menjawab pertanyaan. Jadi kita tidak perlu memahami keselutuhan isi teks. Tapi yang perlu kita lakukan adalah liat soal terlebih dahulu, temukan kata kunci dari soal tersebut dan baca cepat untuk menemukan lokasi dari kata kunci tersebut untuk menemukan jawaban kita. Jangan pernah baca teksnya dulu, selalu lihat soalnya telebih dahulu. Karena satu teks di dalam bacaan IELTS itu panjangnya pada umumnya akan berkisar 1 setengah halaman sampai 2 halaman. Cukup panjang kan?

4. Sama halnya dengan listening, vocabulary dan pemaham sinonim sangat penting. Jadi perkaya vocabulary kalian dalam berbagai topik dengan membiasakan diri untuk membaca artikel dari koran online terkenal seperti BBC, CNN, dan Jakarta Post. Dengan melakukan ini, kalian akan membiasakan diri dengan kosakata akademis dalam berbagai bidang.


5. Sama juga dengan listening, selalu lihat perintah. Karena perintah bisa berubah-ubah. Pastikan jangan sampai melebihi jumlah kata dalam memberikan jawaban.


6. Lakukan tes simulasi reading yang sering. Ini dilakukan agar kalian terbiasa dengan tekanan waktu dan juga membantu kalian dalam melakukan manajemen waktu. Ini sangat penting dalam reading karena 60 menit akan berjalan cepat pada sata anda melakukan reading. Banyak orang yang kosong jawabannya karena manajemen waktu yang kurang. Ini yang selalu saya tekankan kepada murid saya dan menurut saya, ini adalah skill yang paling penting dalam reading.

7. Gunakan huruf balok juga dalam memberikan jawaban untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang terjadi karena kapitalisasi.


8. Tidak ada pengurangan nilai untu jawaban yang salah, jadi pastikan semua nomor terjawab. Jika bingung pilih saja salah satu jawaban yang paling mungkin, siapa tahu kalian beruntung.


9. Membaca itu menguras tenaga dan sangat membosankan. Jadi kondisikan keadaan mental dan fisik kalian. Percuma kalian mahir dalam Bahasa Inggris tapi jika kondisi kalian tidak optimal pada saat reading, itu akan berakibat fatal.

Demikian 9 Tips menaklukan IELTS Reading Test. Semoga beruntung!

ABOUT US

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tim Tutor

Lorem ipsum dolor sit

Feature Heading

Lorem ipsum dolor sit