Cerita Pengalaman Kuliah S2 di UNSW, Australia

  • by

Ads

University of New South Wales (UNSW) adalah sebuah universitas yang memiliki beberapa kampus yang tersebar di dua kota, yaitu Sydney dan Canberra. Untuk kampus utamanya berada di daerah bernamakan Kensington yang dimana berjarak sekitar 7 kilometres dari pusat kota Sydney. Sedangkan untuk fakultas kesenian dan desain, kampusnya berada di daerah yang bernamakan Paddington yang berada di pusat kota Sydney. Kedua kampus ini lokasinya di Sydney yang ada dalam willayah negara bagian New South Wales. UNSW memiliki tiga kampus yang terletak di Sydney dan Canberra. Untuk jurusan yang ditawarkan di kampus Sydney lebih banyak karena memiliki fakultas yang lebih banyak yaitu; Fakultas Kesenian dan Ilmu Sosial, Bisnis, Seni Rupa, Teknik, Hukum, Kedokteran dan Sains. Sedangkan di kampus Canberra hanya ada Fakultas Pertahanan Nasional.
Berdasarkan QS Top Universities, UNSW masuk dalam 50 besar kampus terbaik di dunia dengan peringkat 43, menjadikannya kampus terbaik ke empat di Australia. Selain itu, jika mengacu pada QS World University Rankings berdasarkan jurusan UNSW menempati peringkat 1 di Australia dan peringkat 11 dunia untuk Teknik sipil, peringkat 1 di Australia dan peringkat 15 di dunia untuk Akutansi dan Keuangan, peringkat 2 di Australia dan 13 di dunia untuk Hukum, dan peringkat 1 di Australia dan peringkat 37 di dunia untuk bidang Teknik. Selain dari banyaknya jurusan unggulan nasional atau dunia yang ditawarkan oleh UNSW, UNSW juga dikenal secara nasional dan global dikarenakan memiliki pusat penelitian kanker terbesar di Australia. Tidak hanya itu, UNSW juga menjadi pionir dalam penelitian dan pengembangan energi solar (matahari), bahkan ada beberapa gedung di UNSW yang sudah ditenagai energi matahari. Hal ini menunjukkan tekad UNSW dalam mengembangkan dan menciptakan tenaga terbaharui. Dikarenakan berbagai prestasi dan keunggulan inilah, saya memilih UNSW sebagai kampus pilihan saya dan saya yakin UNSW merupakan universitas yang cocok bagi saya. Dan jika dilihat dar kualitas Pendidikan, memang benar UNSW salah satu yang terbaik di Australia.

Berdasarkan data tahun 2018, mahasiswa di UNSW terdiri dari 34% mahasiswa International. Secara keseluruhan UNSW memiliki total mahasiswa sebanyak 63,232 dari 132 negara dan juga memliki 334,000 alumni yang tersebar di seluruh dunia. Kurang lebih ada sekitar 8,500 pelajar Indonesia yang memilih untuk berkuliah di Australia per tahunnya. Jumlah ini melampaui jumlah pelajar Indonesia di Eropa. Ini menjadikan Australia salah satu tujuan popular pelajar Indonesia. Dan UNSW merupakan salah satu universitas yang paling diminati oleh pelajar Indonesia karena letaknya di Sydney, tempat terdirinya Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge. Di UNSW, ada banyak organisasi untuk pelajar Indonesia dan kegiatannya beranekaragam seperti movie night, piknik, dan Indonesian bazaar. Acara-acara ini sangat menarik karena kita sebagai pelajar Indonesia dapat berkumpul bersama. Berdasarkan pengalaman saya, setiap tahun kita ada Indonesian bazaar yang dimana ikatan mahasiswa Indonesia berjualan makanan-makanan khas Indonesia untuk dijual dan diperkenalkan kepada semua mahasiwa UNSW. Kegiatan ini sangat menatik karena mahasiswa UNSW sangat antusias dan penasaran dengan makanan-makanan Indonesia. Selain itu, setiap semester sekali, Ikatan mahasiswa Indonesia selalu mengadakan welcoming party untuk pelajar-pelajar baru UNSW dan ini biasanya diadakan di taman atau pantai yang dimana ada tempat BBQ gratis yang dapat digunakan. Sehingga welcoming party tersebut digunakan juga untuk BBQ. Disinilah acara atau tempat untuk pelajar baru mengenal para senior-senior dan meminta saran terkait perkuliahan dan kehidupan di UNSW. Khusus untuk pelajar muslim Indonesia, ada juga kegiatan kajian mingguan.

Selain itu, karena UNSW dikenal sebagai sebuah universitas multicultural, UNSW merupakan kampus yang mengayomi pelajar-pelajar dari berbagai negara dan kalangan. UNSW sangat menjunjung tinggi dan menghargai perbedaan dalam segi apapun menjadikannya sebuah universitas yang sangat nyaman untuk pelajar asing. Untuk menjaga dan mempromosikan hal ini, banyak kampanye dan program-program yang diadakan oleh kampus dan/atau mahasiwanya seperti kampanye; perbedaan budaya dan agama, kesetaraan gender, dan inklusi disabilitas. Saya pernah mengikuti kegiatan sosial yang dimana mempromosikan berbagai permasalahan sosial yang terjadi di Australia pada saat itu seperti orasi anti-rasisme, solidaritas agama dll. Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena disinilah kita dapat bertemu dengan mahasiswa dari berbagai penjuru dunia yang memilik pola pemikiran yang sama. Selain itu, kita juga bisa menemukan beberapa teman baik juga dan saya pun begitu. Di kegiatan-kegiatan ini saya bisa berteman dengan berbagai pelajar dari Jerman, Australia, Cina, dan Vietnam yang dimana pada kahirnya terkadang kita menghasbiskan waktu bersama diluar kampus. Selain itu, festival budaya sering diadakan di UNSW secara bergantian. Saya pridadi pernah megikuti festival budaya Vietnam, China, Pakistan dan Iran. Di kegiatan seperti ini bisa dijadikan tempat untuk mencari teman baru atau sekedar menikmati kebudayaan dan makanan khas negara-negara tersebut. Kegiatan-kegiatan seperti ini yang mebuat kehidupan kampus sangat hidup dan berwarna.
UNSW juga memperbolehkan mahasiswanya untuk membuka berbagai macam klub seperti klub-klub popular olahraga, kesenian dan lain lain. Bahkan klub pengemmar Pokemon dan Harry Potter ada di UNSW. Bisa dilihat dari hal ini bahwa UNSW sangat menghargai berbagai macam komunitas. Pada saat saya di UNSW, saya tidak terlalu banyak mengikuti komunitas-komunitas tersebut, karena biasanya komunitas tersebut di dominasis oleh pelajar bachelors sedangkan saya memempuh S2. Namun saya sempat bergabung ke komunitas forum student union yang dimana dengan mengikuti ini saya dapat menikmati akses ruangan-ruangan tertentu yang hanya bisa diakses oleh anggota dari student union tersebut. Salah satu contoh ruangannya adalah ruangan belajar dan entertainment yang dimana ada beberapa booth belajar dan di ruang entertainment ada TV, sofa, minuman gratis dan terkadang makanan gratis. Saya sebagai mahasiswa sangat memafaatkan ini karena lumayan kitab isa mendapatkan beberapa hal gratis untuk menghemat uang. Dan ini bisa diakses setiap hari sehingga saya dan teman teman saya memanfaatkan ini sebanyak mungkin.
Jadi, saya rasa UNSW itu merupakan pilihan yang tepat buat aku kuliah S2 karena kualitas pendidikan yang mereka berikan dan tawarkan. Selain itu, kenakeragaman mahasiwa yang ada di UNSW sehingga bisa memperluas koneksi dan pertemanan kita. Hal tersebut juga membantu kita untuk lebih menghargai perbedaan yang dimana bagi saya itu merupakan hal yang penting. Dan yang terkahir, fasilitas untuk mahasiswa yang ditawarkan sangat banyak dan kebanyakan dari mereka gratis.

ABOUT US

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tim Tutor

Lorem ipsum dolor sit

Feature Heading

Lorem ipsum dolor sit