Cita-cita Sejak SMA untuk Menjadi Guru

  • by

Ads

Di sesi FOCUSIELTS podcast kali ini, kami ada Mr Gustin, lulusan TESOL UK College dan peraih skor IELTS 7.5. Ikutilah bincangan menarik kami mulai dari latar belakang awal pendidikan, motivasi untuk menjadi guru IELTS, dan tentu saja ada tips yang mantul untuk sukses mengambil test ielts!

Mr Gustin sudah menjadi guru selama sekitar 11 tahun, dan motivasinya untuk menguasai bahasa inggris muncul disaat ia duduk di bangku SMA, karena ia bertemu dengan guru yang mengajaknya ikut kompetisi debat bahasa inggris. Sejak itu, keinginan guru muncul ketika di universitas dimana ia sangat dibantu oleh dosen untuk membuat materi dan rencana pembelajaran.

Sebelum di FOCUSIELTS, Mr Gustin mengajar di Old Place Jogjakarta, dan ini sangat membantunya memahami cara menjadi guru yang baik.

Untuk speaking part, Mr Gustin mempunyai tips yang tentu patut dicatat. Yang pertama, ada bagian ‘task response’. Sangat disarankan untuk peserta agar mencoba menerangkan jawabannya dengan elaborasi yang menarik dengan topik, supaya bisa menjawab dengan berkualitastidak hanya bilang ‘Iya’ atau ‘Tidak’, terutama di bagian pertama.

Kedua, penting bagi peserta untuk menguasai banyak tenses, dan juga kosakata yang secara khusus terkait dengan topik, seperti ‘Artificial Intelligence’ ‘Information Technology’ jika topiknya teknologi.

Mr Gustin juga mempunyai tips untuk bagian lainnya, yaitu reading. Bagian mempunyai banyak tipe soal, oleh karena itu penting untuk peserta agar memahami apa yang ditanyakan, seperti misalnya ’True, False, Not Given’, dimana peserta harus mengerti bedanya ‘False’ dan ‘Not Given’.

Mr Gustin percaya bahwa jika peserta mengikuti tips yang telah disebut, mereka akan sangat dibantu untuk mendapatkan overall 7.5. Semangat para pejuang IELTS test!

Tags: