Focus Speaking: Harus Familiar Dengan Berbagai Topik

  • by

Ads

Students Background
Peserta IELTS preparation class ini adalah Andreas. Saat ini ia sedang kuliah dan mengambil kelas persiapan IELTS dengan tujuan melanjutkan kuliah atau mencari pekerjaan di luar negeri yang memang membutuhan IELTS. Sebelum mengambil kelas persiapan IELTS ini, ia belum pernah mengambil test IELTS. Rencananya ia akan mengambil official IELTS test pada februari 2022.

Sebelum mengambil IELTS preparation class, ia telah menguasai bahasa Inggris sehingga mempermudahnya selama IELTS preparation class. Jumlah sesi yang di ambil di kelas saya adalah 8 sesi speaking. Secara umum, ia memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Penguasaan bahasa Inggris dasar sangat membantunya dalam menyelesaikan sebagian besar tes speaking ielts dengan hasil yang cukup baik namun masih banyak yang harus ditingkatkan. Secara umum, suasana kelas terkendali dengan baik karena ia cukup aktif dalam berpartisipasi di kelas, sangat kooperatif, mudah memahami instruksi dan mau belajar hal baru. Kesulitan yang di hadapi mungkin di akibatkan karena terhentinya proses belajar waktu ada ujian sehingga kemampuannya agak menurun.

 

Student Progress of Speaking Section
Pada awal pertemuan speaking, ia cukup komunikatif, bisa menjawab pertanyaan dengan baik walau tidak terlalu lancar terutama part 2 dan part 3. Ketika menghadapi pertanyaan atau topik yang tidak familiar , ia cenderung diam dan memberikan jawaban yang tidak relevan. Selain itu, ia cenderung mengulang pertanyaan dan topik di dalam jawabannya (seperti: Question: do you like travelling? Answer: I do like travelling because ….. ).Setelah di ajari dan di arahkan mengenai tips dan trik dalam speaking IELTS (part 1, part 2 dan part 3), advanced and academic phrases/vocabulary, idioms, collocation, linking words, paraphrasing, grammar structure dan types of sentences, ia menunjukan progress yang signifikan. Di setiap pertemuan ia selalu berusaha mengunakan kosakata baru dan idom yang di berikan.

Meskipun demikian, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan:

  1. Ketika topiknya tidak familiar, ia cenderung berbicara lebih lambat dengan beberapa awkward pauses seperti (eee dan hm), hal ini bisa mempengaruhi scorenya di fluency dan coherence.
  2. Ia belum terlalu bisa mengembangkan ide di part 3 terutama untuk supporting idea with reason and example sehingga part 3 terkesan berat dan sulit.
  3. Kadang-kadang ia ragu untuk menggunakan kosa kata akademik dan advance serta idiom secara fleksibel untuk berbagai jenis topik.

English Tips

  1. Periksalah kembali notes tentang advance phrases and idioms
  2. Maksimalkan penggunaan collocation
  3. Jangan “over think of the answer” terutama speaking part 2.

 

ABOUT US

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tim Tutor

Lorem ipsum dolor sit

Feature Heading

Lorem ipsum dolor sit