IELTS Kunci Untuk Mendapat Beasiswa

  • by

Ads

Summary of Progress
Student: Amadea
Paket: IELTS Ultimate Focus
Lama Kursus: 7 minggu (2x pertemuan/minggu @ 90 menit)
Skor Awal: –
Skor Target: 6.5 band

Tahap Awal
Saat kami memulai kursus, hasil tes Amadea di salah satu aplikasi resmi British Council mengklasifikasikan kemampuan Bahasa Inggris-nya di level tinggi, yaitu di level C1 CEFR. Namun, Amadea belum pernah mengambil tes IELTS sebelumnya dan tidak terlalu familiar dengan format tes IELTS. Amadea pun diminta untuk mengerjakan mock test singkat yang menyerupai tipe soal di bagian IELTS Writing. Hasilnya menunjukkan bahwa Amadea memang memiliki kemampuan Bahasa Inggris cukup baik. Ia juga sudah bisa memaknai grafik dengan baik. Sayangnya, masih terdapat banyak pengulangan kata dalam tulisannya, dan struktur kalimatnya juga masih kurang bervariasi.

Perjuangan Student
Memasuki masa kursus, Amadea menunjukkan semangat tinggi dalam belajar dan berlatih. Awalnya, perkembangannya terlihat menjanjikan. Amadea bisa menyerap penjelasan serta tips-tips mengerjakan soal dengan baik. Di Writing section, ia bisa langsung menyesuaikan dengan arahan mengenai struktur yang harus diikuti serta memperbaiki kesalahannya dalam latihan berikutnya. Ia juga bisa menerjemahkan grafik/diagram dengan baik untuk Task 1 dan mencoba melakukan parafrase dalam setiap latihannya. Sementara itu, di Reading section, Amadea mungkin memiliki kesulitan saat bertemu dengan jenis soal baru, tetapi dapat menyesuaikan dengan cepat dalam latihan independen di rumah. Namun, sampai akhir masa kursus, Amadea masih kesulitan dengan beberapa aspek dari dua bagian tes IELTS ini (Writing dan Reading).

Tantangan utama Amadea terletak pada manajemen waktunya. Ketika diberikan soal set lengkap di akhir masa kursus, Amadea terkendala mengerjakan soal dengan cepat dan akurat, baik di Writing section maupun Reading section. Performanya menurun jauh dan ia nyaris tidak mampu menyelesaikan semua soal dari masing-masing bagian. Bahkan, di latihan Reading terakhir, Amadea terpaksa mengosongkan nyaris satu dari tiga bagian yang harus dikerjakan, mengorbankan nyaris 10 nomor untuk dihitung sebagai salah. Alhasil, review Reading-nya hanya dapat meraih skor 6.0. Hal yang sama terjadi di Writing section. Amadea menghabiskan 30 menit hanya untuk mengerjakan bagian pertama dan nyaris tidak memiliki waktu cukup untuk menyelesaikan bagian Writing kedua. Proses pengerjaan yang terburu-buru juga mengakibatkan performa Amadea di aspek lain (coherence & cohesion, lexical range, grammatical accuracy) menurun.

Kelemahan lainnya dalam Writing section adalah terkait akurasi grammar. Jika diberikan penjelasan dan latihan mengenai grammar maupun kata penghubung, Amadea dapat melakukannya dengan baik. Namun, seringkali hal ini terlupakan, terutama ketika Amadea dikejar waktu dalam menuliskan esainya. Masih banyak kesalahan grammar maupun penggunaan kata penghubung di dalam tulisannya, dan ini dapat membuat Amadea kesulitan mencapai skor yang diinginkan. Selain itu, beberapa kata yang dipilih untuk parafrase terlihat kurang natural. Untuk Reading section, Amadea tidak memiliki banyak masalah dengan menentukan kata mana yang harus diambil untuk melengkapi kalimat/bagan tertentu.

Kelemahannya terletak di menemukan korelasi antara jawaban yang sudah terparafrasekan. Dalam tipe soal seperti ini (True/False/Not Given, matching sentence endings, dsb), Amadea masih sering membuat banyak kesalahan karena tidak menemukan informasi yang berkaitan di paragraf teks atau salah menginterpretasikan koneksi antara kedua kalimat (di soal dan di teks). Kelemahan ini semakin diperparah dengan keterbatasan waktu. Amadea membuat lebih banyak kesalahan ketika melakukan latihan dengan limit waktu tertentu

Secara garis besar, Amadea sebenarnya memiliki kemampuan cukup untuk mencapai skor target yang diinginkan, asalkan ia bisa mengatasi permasalahan manajemen waktunya. Ia juga harus mengingat untuk merencanakan jawabannya dengan baik dan berhati-hati dengan akurasi grammar untuk Writing section, serta berhati-hati dengan tipe jawaban berparafrase di Reading section. 

Tips untuk mencapai band score yang diinginkan

  1. Amadea harus memperbanyak latihan set lengkap dengan waktu terbatas, baik untuk Writing section maupun Reading section. Mengingat waktu tes yang sudah dekat, akan lebih baik bila bisa mengerjakan 1-2 set soal latihan IELTS per hari di luar latihan perbendaharaan kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar). 
  2. Sebaiknya Amadea juga sering-sering membaca artikel ilmiah atau berita dengan tingkat kesulitan bahasa yang tinggi untuk meningkatkan perbendaharaan kata maupun kompleksitas struktur kalimatnya. Selain itu, latihan ini akan membantu mengembangkan wawasan mengenai isu-isu dunia, yang nantinya dapat menyokong dalam menghadapi Writing Task 2. 
  3. Latihan membaca cepat dan menganalisis teks (bagian mana berbicara tentang apa) agar lebih mudah menemukan jawaban. 
  4. Kesalahan tata Bahasa (grammar) paling sering berulang di penggunaan preposisi dalam Task 1. Perbanyak latihan terkait hal ini. 
  5. Selalu ingat untuk merencanakan tulisan terlebih dahulu, terutama di Task 2. Jangan lupa menggunakan kata penghubung (connectors) secukupnya.

 

Tags: