Persiapan IELTS Seorang Pegawai Bank

  • by

Ads

Students Background
Peserta IELTS preparation class ini bernama Indra yang mengambil kelas persiapan IELTS dengan tujuan melanjutkan pendidikan S3 di salah satu universitas di Australia. Sebelum mengambil kelas persiapan IELTS ini, ia sudah pernah mengambil test IELTS. Berdasarkan hasil test IELTS sebelumnya yang di ambil pada 10 oktober 2020, kemampuannya adalah Speaking 5.5, Writing 6.0, Reading 6.0 dan Listening 5.5). Test pertama student merupakan hasil self-study , kali ini Pak Indra merasa perlu mengubah strategi belajarnya, dia memutuskan belajar dengan  FocusIELTS seccara privat. Ditambah lagi kelas yang kami berikan adalah full online sehingga tidak mengganggu jam kerja sebagai seorang pewagai Bank. Rencananya ia akan mengambil official IELTS test secepatnya.

Sebelum mengambil IELTS preparation class, Pak Indra telah menguasai bahasa Inggris dasar sehingga mempermudahnya selama IELTS preparation class. Jumlah sesi yang di ambil Indra di kelas saya adalah 8 sesi speaking, 4 sesi listening. Student masih medapat sesi Writing dan Reading dengan tutor lainnya, tiap student yang ambil Paket ULTIMATE akan mendapat 2 tutors langsung.  Secara umum, suasana kelas terkendali dengan baik karena Pak Indra sangat kooperatif, bisa di ajak kerjasama, paham instruksi dan mau belajar hal baru. Ini adalah hal ideal yang membantu pemahaman student. Kesulitan yang kami hadapi  adalah seringnya reschedule jadwal. 

Hal ini bisa dimaklumi karena mengiat Pak Indra adalah seorang Banker yang punya kesibukan padat, meski demikian Pak Indra sadar IELTS merupakan kebutuhan dasarnya sehingga dia berusaha untuk tetap komitmen dalam menjalankan kelasnya. 

Mr. Indra’s Progress Report 

Speaking Section
Pada awal pertemuan speaking, karena punya pengalaman test IELTS speaking, pak Indra sudah familiar dengan task completion pada speaking tetapi pak Indra tends to speak too slow yang bisa mempengaruhi speaking band scorenya pada fluency and coherence. Selain itu, pak Indra cenderung mengulang pertanyaan dan topik di dalam jawabannya (seperti: Question: why do you like shopping?, Answer: why do I like shopping because….. ). Hal lain yang di alami pak Indra di awal pertemuan adalah menjawab pertanyaan dengan kosakata yang terbatas sehingga cenderung mengulang kata-kata yang sama untuk beberapa topik.

Selama proses pembelajaran pak Indra bisa di ajak kompromi dan bekerja sama. Setelah di ajari dan di arahkan mengenai tips dan trik dalam speaking IELTS (part 1, part 2 dan part 3), advanced and academic phrases/vocabulary, idioms, collocation, linking words, paraphrasing, grammar structure dan types of sentences, pak Indra menunjukan progress yang signifikan. Kesulitan yang di alaminya adalah tidak terbiasa menggunakan idiom sehingga sulit mencari kesempatan untuk mengaplikasikannya dalam speaking. Dan cenderung overthinking untuk topik atau pertanyaan yang tidak familiar. Selain itu terkadang tapi tidak selalu pak Indra ragu untuk menggunakan advance vocabulary.

Listening Section

Untuk listening, pak Indra sangat menonjol untuk note/summary/table/flow-chart completion, multiple choice, short answer questions, labelling diagram, sentence completion dan classification. Kesulitan yang di hadapinya dalam listening adalah “overthinking”. Jika ketinggalan atau tidak mendapatkan jawaban pada nomor sebelumnya maka ia cenderung menjawab salah pada nomor yang lain. Hal ini banyak terjadi pada sentence completion.

English Tips

  1. Do not overthink the answer for both speaking and listening

 

ABOUT US

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Tim Tutor

Lorem ipsum dolor sit

Feature Heading

Lorem ipsum dolor sit